Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Bisa Mengatasi Masalah Gizi Buruk

Makanan sehat untuk ibu hamil sangat penting. Ada banyak masaklah gizi buruk yang terjadi pada ibu yang sedang mengandung karena asupan yang tidak tepat. Karena itu penting memberikan asupan makanan sehat untuk mencegah kondisi gizi kehamilan.

Sebelum melahirkan anaknya ke dunia tentu saja seorang ibu akan mengalami masa – masa kehamilan. Bahkan seorang ibu yang hamil akan melewati berbagai tahap perkembangan dan usia kehamilan yang biasanya terbagi atas tiga trimester yaitu pada trimester pertama, trimester kedua dan juga trimester ketiga.

makanan sehat untuk ibu hamil

Ketika kehamilan terjadi, kehamilan ini selalu berhubungan dengan perubahan fisiologis yang akan berakibat pada peningkatan volume cairan dan juga sel darah merah serta penurunan kadar konsentrasi protein pengikat nutrisi didalam sirkulasi darah. 

Begitu juga dengan penurunan nutrisi mikro. Dan pada kebanyakan negara berkembang nantinya perubahan ini akan dapat diperburuk oleh kekurangan nutrisi didalam kehamilan yang memiliki dampak pada defisiensi nutrisi mikro seperti halnya anemia yang tentu akan berakibat fatal nantinya.

Makanan Untuk Mengatasi Masalah Gizi Buruk Pada Ibu Hamil

Kalau sudah begini nantinya ibu hamil akan mengalami kondisi dimana akan terjadi gizi buruk pada ibu hamil. Akan tetapi hal ini dapat diperbaiki dengan konsumsi makanan yang sesuai. Apa saja makanan sehat untuk ibu hamil guna mengatasi masalah gizi buruk?

Makanan yang Kaya Protein

Protein tak hanya punya fungsi untuk menghasilkan kalori karena manfaat lain juga sebagai zat pembangun tubuh dan pergantian sel tubuh serta dapat membantu pembentukan sel darah, deferensiasi sel dan pembentukan jaringan tubuh serta janin.

Ibu yang sedang hamil akan sangat disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan yang kaya kandungan protein sekitar 60 gram setiap harinya. Sumber protein yang sangat cocok dikonsumsi diantaranya tempe, kacang – kacangan, telur, tahu dan juga daging.

Makanan Kaya Asam Folat

Asam folat juga termasuk makanan sehat untuk ibu hamil yang tentu sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan janin. Ketika ibu hamil kekurangan asam folat maka nanti pertumbuhan dan perkembangan janin didalam rahim akan jadi tidak sempurna.

Lihat Juga Cara Agar Cepat Hamil

Misalkan janin yang lahir dari ibu hamil yang kekurangan asam folat akan menderita bibir sumbing, anenchepaly dan sebagainya. Kebutuhan ibu hamil akan asam folat kurang lebih sebanyak 50 mikrogram perhari.

Makanan yang Kaya Kalsium

Kalsium ini juga termasuk salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang serta gigi janin didalam kandungan. Kemudian asupan kalsium juga dapat membantu menghindari penyakit osteoporosis pada ibu hamil. Sumber kalsium yang sangat disarankan dikonsumsi yaitu kedelai, susu dan yang lainnya.

Karena itu konsumsi beberapa makanan penting diatas bunda agar kesehatan dan perkembangan janin semakin baik. Semoga informasi tentang makanan sehat untuk ibu hamil guna mencegah dan mengatasi masalah gizi buruk ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *