Kekhawatiran Kehamilan Trimester 3 yang Sering Terjadi

Ada sejumlah kekhawatiran kehamilan trimester 3 yang sering dikeluhkan. Ketika ibu hamil sudah masuk di trimester ketiga kehamilan, rasanya memang sudah semakin tidak sabar untuk segera bertemu dengan bayi yang selama ini dirawat didalam rahim.

Akan tetapi terkadang di waktu yang bersamaan, tak jarang beragam kesibukan dan rasa cemas ibu hamil tiba – tiba melanda. Mulai rasa cemas tentang kandungan yang semakin lama semakin membesar dan menimbulkan rasa kurang nyaman pada dirinya bahkan sampai rasa cemas menghadapi persalinan akan sangat dirasakan oleh ibu hamil.

kekhawatiran kehamilan trimester 3

Mungkin Anda juga turut merasakannya bunda? Nah, bagi Anda yang mungkin juga merasa kekhawatiran tersebut ketika berada di trimester ketiga kehamilan, ada beberapa hal yang Anda harus tahu tentang kekhawatiran ibu hamil trimester ketiga.

Sejumlah Kekhawatiran Kehamilan Trimester 3

Apa saja kekhawatiran kehamilan trimester 3 tersebut bunda? Berikut ini informasi lengkapnya yang Anda perlu tahu.

Bagaimana Jika Tidur Terlentang?

Tidur terlentang memang tidak dianjurkan untuk ibu hamil pada trimester ketiga karena rahim yang sudah lebih berat dapat menekan pembuluh darah yang pada akhirnya akan dapat mengurangi aliran darah pada janin.

Baca juga: Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda 

Nantinya tidur terlentang juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil pada trimester ketiga karena rahim yang telah lebih berat dapat membantu menekan pembuluh darah yang pada akhirnya akan dapat mengurangi aliran darah ke janin.

Agar dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah, upayakan untuk Anda tidur menyamping utamanya menghadap ke kiri. Hal ini karena rahim secara alami berputar ke kanan sehingga tidur di sisi kiri dianggap sebagai pilihan terbaik agar tidak menekan rahim. Dan agar nyaman bisa Anda gunakan bantal untuk menyangga kaki dan punggung Anda.

Bagaimana Jika Janin Berhenti Bergerak?

Kekhawatiran kehamilan trimester 3 lainnya terkait gerakan janin. Gerakan janin memang merupakan suatu tanda bahwa si dia didalam rahim dalam kondisi yang baik. Ibu hamil, utamanya yang berada di trimester ketiga memang perlu memperhatikan gerakan janin dari hari ke hari agar dirinya bisa tahu dan bisa memantau pergerakan janin apakah masih aktif atau kurang aktif.

Mengenai gerakan janin sendiri di trimester ketiga akan berubah – ubah. Jika pada trimester sebelumnya si kecil suka meninju atau menjentik, maka di trimester ketiga ini biasanya janin lebih suka berputar – putar atau mengeluarkan lengan atau kakinya sehingga perut ibu hamil terkadang terkesan menonjol sedikit.

Bagaimana Jika Cairan Ketuban Terlalu Sedikit?

Sekitar empat persen ibu hamil punya volume cairan ketuban yang rendah biasanya pada trimester yang ketiga. Dan ibu hamil juga perlu ikut memantau volume air ketuban ketika melakukan pemeriksaan kehamilan.

Karena jika terlalu sedikit juga berbahaya bagi kondisi kesehatan janin didalam rahim dan harus segera dicari solusinya.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang kekhawatiran kehamilan trimester 3 yang semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *