Bahaya Batuk Saat Hamil yang Wajib Wanita Tahu

Batuk saat hamil merupakan kondisi yang lumrah terjadi. Siapa saja pasti pernah mengalami batuk karena batuk sendiri dapat menyerang dengan mudah. Bahkan anomali cuaca yang terjadi juga dapat menjadi salah satu aspek yang menyebabkan batuk. Biasanya kondisi batuk ini dapat dengan mudah terjadi bersama dengan hadirnya flu dan pilek.

bahaya batuk saat hamil

Mungkin bagi mereka yang sedang tidak hamil, batuk terjadi biasa – biasa saja akan tetapi bagi ibu hamil tentu harus ekstra waspada karena penyakit ini pada kehamilan sangat tidak baik efeknya. Ada berbagai bahaya yang akan terjadi ketika ibu hamil mengalami kondisi batuk.

Bahaya Batuk Saat Hamil

Mau tahu apa saja bahaya batuk saat hamil? Berikut ini kami akan berikan uraian informasi lengkap dan detailnya untuk Anda. Yuk simak.

Risiko Keguguran

Benarkah? Ya, janin yang ada didalam rahim ibu bisa terkena keguguran utamanya ketika kondisi batuk memang parah di trimester pertama kehamilan. Ibu yang sedang hamil ada baiknya menghindari terkena batuk.

Baca juga: Keluhan Ibu Hamil yang Sering Terjadi

Jika nantinya penyakit ini menyerang ibu hamil tentu ini akan membuat ibu memberikan goncangan pada janin ketika batuk dan ini sebenarnya penyebab keguguran yang terjadi.

Bayi Lahir Prematur

Ibu hamil yang sering batuk juga berpotensi melahirkan bayi secara prematur karena suara batuk yang keras akan membuat bayi terdorong ke luar dari rahim. Hal ini bisa terjadi sangat fatal utamanya bagi ibu hamil yang memang punya kondisi kandungan yang lemah dan serviks yang lunak.

Menimbulkan Rasa Nyeri

Batuk saat hamil juga dapat menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut. Rasa nyeri ini tentu bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dengan kondisi perutnya. Nantinya ibu hamil akan merasa sakit karena nyeri bahkan terasa seperti kontraksi dini. Untuk meredakan nyeri ketika batuk dapat diatasi dengan berbaring di tempat tidur dengan posisi yang nyaman dan upayakan kepala lebih tinggi dibandingkan tubuh.

Janin Terkena Infeksi

Ibu hamil yang mengalami batuk disebabkan oleh infeksi juga dapat menyebabkan janin didalam rahim ikut terserang infeksi. Alasannya adalah karena kuman penyebab infeksi dapat menembus plasenta dan kemudian masuk ke dalam tubuh bayi. Bayi yang telah terasuki dengan kuman penyebab infeksi bisa terkena infeksi sehingga bayi yang lahir akan mengalami infeksi yang sama seperti ibu yang mengandungnya.

Sudah tahu bukan apa saja bahaya batuk bagi ibu yang sedang hamil? Karena itu coba Anda hindari resiko batuk selama Anda mengandung. Semoga informasi diatas tentang bahaya batuk saat hamil bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *